Rabu, 26 Juni 2013

Pengelolaan Perpustakaan Sekolah


Pengelolaan Perpustakaan Sekolah
Agar perpustakaan sekolah dapat berperan dan berfungsi dengan baik, perlu dikelola oleh tenaga profesional yang memang benar-benar ahli dalam bidangnya. Tenaga pengelola perpustakaan sekolah atau biasa disebut petugas perpustakaan sampai sekarang sedikit yang berlatar belakang dari bidang ilmu perpustakaan, sehingga masih harus terus mengembangkan kemampuannya dalam mengelola perpustakaan.
Adapun kualifikasi atau kemampuan yang minimal harus dimiliki seorang petugas perpustakaan/pustakawan antara lain:
  • Wawasan bidang keahlian perpustakaan.
  • Menguasai organisasi tempat ia bekerja (termasuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai oleh lembaganya).
  • Mengikuti perkembangan informasi pengetahuan minimal bidang studi yang diajarkan di sekolah.
  • Memiliki wawasan pengetahuan yang luas untuk memupuk dan pembinaan koleksi.
  • Memiliki jiwa pendidik, supel, ramah, dan pandai berkomunikasi.
  • Bertanggungjawab dan jujur.
  • Memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi.
  • Aktif, lincah dan terampil dalam mencari/menyebarluaskan informasi.
  • Memiliki hubungan luas dengan penerbit, toko buku, dan lembaga terkait.
  • Aktif mengikuti kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan bidangnya.
  • Mencintai bahan pustaka dan gemar membaca.
  • Mau mengembangkan diri dan sanggup bekerja keras.
Kriteria di atas cukup berat untuk memenuhi kualifikasi seorang pengelola/pustakawan yang diinginkan. Tetapi bila dijalankan dengan rasa ikhlas dan sepenuh hati akan dapat menjadikan seorang pustakawan yang handal yang nantinya akan menggerakkan roda perpustakaan ke arah tercapainya visi dan misi perpustakaan menghadapi era globalisasi. Namun demikian, perlu disadari bahwa siap tidaknya perpustakaan sekolah memasuki era globalisasi tidak cukup diselesaikan dari segi pengelolanya/pustakawan, akan terlebih pada komponen dalam system sekolah itu sendiri. Masalah klasik yang muncul hampir di setiap perpustakaan antara lain :
  • Penyediaan dana yang tidak memadai
  • Kurangnya tenaga yang profesional.
  • Kewenangan dan kepercayaan kepada pustakawan/petugas perpustakaan.
  • Pustakawan/petugas perpustakaan belum melaksanakan fungsinya secara
  • optimal.
  • Belum adanya penghargaan terhadap Pustakawan.
Dalam mengelola perpustakaan sekolah kualifikasi pertama yang harus dipenuhi seorang petugas perpustakaan sekolah adalah mengetahui tata kerja perpustakaan. Ada lima macam kegiatan pokok perpustakaan menurut Sumardji, yaitu pekerjaan :
  • Pengadaan bahan koleksi,
  • Pengolahan bahan koleksi,
  • Pelayanan Sirkulasi,
  • Pelayanan Referensi,
  • Administrasi perpustakaan.
Kelima kegiatan pokok diatas apabila sudah dilaksnakanan meskipun secara manual akan membawa ke arah pencapaian fungsi perpustakaan sekolah. Namun demikian sejalan dengan semakin banyaknya informasi pengetahuan di era globalisasi ini apabila masih menggunakan system manual perpustakaan akan banyak ditinggalkan penggunanya. Oleh karena itu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan cara pemanfaatan komputer di perpustakaan akan lebih cepat dalam mengelola perpustakaan khususnya dalam pencarian literature/bahan koleksi/informasi di perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar